Put your preheader text here. View in browser

Edition June, 2021

By Sherry Lydia

Sebagai housekeeper di sebuah hotel, kebersihan merupakan tanggung jawab yang penting diperhatikan secara detail. Sedikit noda pada bed sheet dapat mempengaruhi persepsi tamu yang menginap, apalagi kalau kondisi kamar mandi juga terlihat kotor walaupun sesungguhnya sudah dibersihkan. Tahukah anda bahwa air dapat membuat tampilan kamar mandi menjadi kotor? 

Water Hardness
Air merupakan element natural yang dihasilkan oleh alam. Air banyak memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan. Dalam proses cleaning, air merupakan media transportasi untuk detergent dan kotoran lain larut ketika proses pembersihan. Tanpa air proses cleaning tidak akan bekerja secara optimal. Noda pada pakaian tidak akan bisa terangkat apabila tidak dibasahi dengan air.

Soft

0-68 ppm

Medium
85-136 ppm

Hard
153-255 ppm

Very Hard
272 > ppm

Di dalam air terdapat berbagai macam mineral, seperti zat Kalsium (CA), Magnesium (Mg), Zinc (ZN) dan lain-lain. Kondisi air pun berbeda-beda tergantung dari kondisi tanah dimana air itu berasal. Contoh apabila pada kamar mandi banyak ditemukan noda (spot) putih, itu menandakan kandungan zat kapur (CaO) pada air ditempat itu tinggi kadarnya. Sedangkan apabila bed sheet setelah dicuci menjadi kekuning-kuningan, menandakan kandungan Zinc/ zat besi pada air ditempat itu lebih tinggi kadarnya.

Lalu, bagaimana air bisa menjadi sumber masalah bagi Housekeeper?

Dalam membersihkan area kamar mandi, tantangan yang umumnya dihadapi adalah jamur dan water stain. Jamur merupakan mikroorganisme yang berukuran sangat kecil dan hanya dapat diamati dengan menggunakan mikroskop. Jamur tumbuh dan berkembang biak pada suhu yang lembab. Kamar mandi cenderung lembab, oleh karena itu jamur banyak sekali ditemukan di area kamar mandi. Daerah yang memiliki iklim tropis serta kelembaban yang tinggi contohnya seperti di Indonesia sangat mendukung pertumbuhan jamur dengan cepat. 


Tantangan lainnya adalah water stain yang disebabkan oleh endapan mineral yang tertinggal pada permukaan yang mengering. Apabila tidak segera dibersihkan dengan kain lap yang kering, maka akan menyebabkan terbentuknya akumulasi water stain yang membandel dan semakin sulit untuk dihilangkan.

6 Steps For Proper Cleaning

SOLUSINYA?

CREAM POLIZ

Kegunaan Cream Poliz adalah untuk memudahkan menghapus semua jenis kotoran membandel seperti kerak air, kotoran dan noda pada semua permukaan keras seperti jenis stainless steel, keramik dan porselen, cermin dan kaca, bath tub, dan lainnya.

Digunakan untuk proses cleaning interim. Aplikasi pada daily cleaning dapat menggunakan produk-produk daily seperti Bathklin dan Wipe&Go.


     Aturan Pakai Cream Poliz

  1. Kocok sebelum digunakan. Oleskan Cream Poliz murni langsung ke permukaan yang akan dibersihkan.
  2. Ratakan Cream Poliz ke permukaan dan diamkan selama 2-3 menit.
  3. Gosok permukaan untuk menghilangkan kotoran membandel dan noda yang menempel
  4. Bilas dengan air atau kain basah. Lap sekali lagi dengan kain bersih untuk mengeringkan permukaan.
Cream Poliz

Klik Gambar

CREAM POLIZ - Versi Indonesia

Efektif digunakan untuk menghilangkan kerak air yang membandel dan karat. Cocok diaplikasikan pada berbagai permukaan tahan asam dan metal, seperti kettle jug, kran air, wash basin, sinkshower, kaca dan cermin, lantai/ dinding keramik dan peralatan dapur dari bahan stainless steel serta untuk menghilangkan noda kerak air di dalam permukaan mesin cuci piring.

Digunakan untuk proses cleaning restorasi. Untuk mencegah terjadinya penumpukan deposit water stain kembali, maka gunakan produk-produk daily seperti Bathklin dan Wipe&Go untuk aplikasi harian. Penggunaan Rust & Scale Remover tidak dianjurkan untuk diaplikasikan harian karena dapat berpotensi merusak lapisan pada permukaan.


     Aturan Pakai Rust & Scale Remover

     Noda sedang  = 1 : 1 (Rust & Scale Remover : Air)
     Noda berat     = Murni (Rust & Scale Remover)

  1. Semprot larutan Rust & Scale Remover pada media yang dibersihkan. Diamkan selama (-/+) 1 menit sebelum kering.
  2. Gosok permukaan untuk menghilangkan kotoran membandel dan noda yang menempel menggunakan tapas
  3. Bilas dengan air bersih. Lap sekali lagi dengan kain bersih untuk mengeringkan permukaan.
Rust & Scale Remover

Klik Gambar

RUST & SCALE REMOVER - Versi Indonesia

CLEAN STEPS Video

CLEAN STEPS CLEAN TOOLS - English Version
CLEAN STEPS HOW TO MOP A GUEST ROOM
CLEAN STEPS MIRROR, GLASS & EXTERIOR CLEANING - English Version
Klik Video Lainnya

DAILY PRODUCT

Wipe&Go

WIPE&GO

"Multisurface Cleaner dan Disinfectant." Di gunakan untuk pemakaian harian, tanpa perlu pembilasan sehingga hemat air, dan mudah diaplikasikan. 

PRODUCT INFO
QSAN

Q-SAN

Dapat diaplikasikan untuk mensanitasi trash bin, ruangan, permukaan, hingga peralatan dapur. Dapat diaplikasikan dengan metode spray/ fogging.

WATCH VIDEO
Bathklin

BATHKLIN

Merupakan pembersih kamar mandi dengan formulasi unik dan mengandung asam yang aman untuk permukaan keramik.

PRODUCT INFO

Form Cleaning Challange Survey (Housekeeping - Public Area)

Klik Disini

Informasi Lainnya

Temukan berbagai informasi cleaning lainnya, e-brosur, sertifikat produk, MSDS, serta video tutorial pemakaian produk pada situs kami. Klik "MORE INFO" dibawah ini.

MORE INFO
HOTLINE
EMAIL

Tags: houskeeping, foodservice