Reborn Business Post COVID-19

Cleaning & Sanitation Protocol

For Catering Operation

By Feren Agatha & Paul Christi


Inilah
mengapa diperlukan sanitasi
sebelum
re-opening


Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis. Seperti dalam report WHO (World Health Organization) mengenai perubahan iklim dan infeksi penyakit, menyatakan bahwa populasi penyakit sangat terkait dengan kondisi suhu udara, kelembaban dan curah hujan (World Health Organization, 2005). Ruangan yang tertutup lama, tidak ada aktivitas dan sirkulasi udara menjadi salah satu faktor peningkatan kelembaban udara yang menyebabkan berkembang biaknya bakteri atau mikroorganisme dan juga virus COVID-19.

Ancaman Mikroorganisme

Mikroorganisme adalah organisme hidup yang berukuran sangat kecil dan hanya dapat diamati dengan menggunakan mikroskop. Mikroorganisme terdiri dari beberapa kategori yaitu, bakteri, jamur, parasit, dan virus. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bakteri adalah suhu, pH, konsentrasi garam, sumber nutrisi, zat sisa metabolisme, dan zat kimia. Sedangkan jamur secara umum tumbuh ditempat yang lembab. Daerah yang memiliki iklim tropis serta kelembaban yang tinggi contohnya seperti di Indonesia sangat mendukung pertumbuhan jamur dengan cepat. Lain halnya dengan virus yang membutuhkan makhluk hidup untuk dapat bertumbuh.

FIRST THING FIRST!

Sebelum melakukan sanitasi, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan terlebih dahulu area maupun peralatan yang sudah lama tidak di gunakan. Hal ini perlu dilakukan karena sanitasi akan lebih efektif apabila permukaan ataupun ruangan yang ingin disanitasi sudah bersih dari kotoran.


Detail Product
Multi Surface Sanitation

Menggunakan bahan aktif disinfektan yaitu Benzalkonium Chloride yang di-rekomendasikan oleh NEA (National Environment Agency) untuk membunuh bakteri dan juga virus, salah satunya adalah Corona Virus. Benzalkonium Chloride efektif bekerja selama 12 jam.

NEA : https://rb.gy/zlup7v


  Aplikasi Sebagai Sanitasi:

  1. Siapkan Q-San Multi Surface Sanitizer (QMSS)
  2. Larutkan 10-20ml dengan 1lt air
  3. Gunakan Quat Test Paper untuk memastikan jumlah takaran mencapai 200ppm
  4. Masukkan ke dalam botol sprayer, dan semprotkan pada kain lap berbahan microfibre. Kemudian lap seluruh permukaan atau benda yang akan disanitasi menggunakan kain lap microfibre tersebut secara merata.


  Aplikasi Sebagai Disinfektant:

  1. Siapkan Q-San Multi Surface Sanitizer (QMSS)
  2. Larutkan 20-30ml dengan 1lt air
  3. Gunakan Quat Test Paper untuk memastikan jumlah takaran mencapai 400-800ppm
  4. Masukkan ke dalam botol sprayer / fogging, kemudian semprotkan pada kain lap berbahan microfibre apabila menggunakan botol sprayer, dan untuk penggunaan alat fogging dapat disemprotkan langsung pada objeknya.


Peralatan yang dapat digunakan

Untuk membersihkan benda atau area yang mudah dijangkau dan tidak terlalu besar, proses sanitasi dan disinfektan dapat dilakukan dengan cara semprot menggunakan hand pump sprayer.
Apabila area yang akan disanitasi merupakan area yang luas maka dapat juga dilakukan dengan cara fogging. Namun cara ini dilakukan apabila ruangan atau area tersebut sudah dikosongkan dari makhluk hidup. Hal ini agar supaya asap yang dihasilkan dari proses fogging tidak mengganggu pernapasan.

Bagaimana Langkah-Langkah Cleaning dan Sanitasi yang benar?

Dalam industri FnB pelaksanaan cleaning dan sanitasi dianjurkan mengikuti 'The Flow of Food'. Dengan demikian cleaning dan sanitasi dapat dilakukan secara menyeluruh dengan lebih efektif dan efisien.


Back of The House


Receiving Area

Storage

Kitchen area



PROBLEM


Pada Area 'Back of The house' Masalah yang sering kali di temui adalah lantai yang kotor dan berminyak dikarenakan aktivitas yang padat saat distribusi barang masuk, aktivitas memasak dan lainnya sehingga tidak menutup kemungkinan adanya barang/ bahan makanan yang bocor/ tumpah ataupun rusak yang mengakibatkan area ini menjadi kotor. Sebelum melakukan sanitasi, akan lebih efektif apabila dilakukan pembersihan terlebih dahulu.

SOLUTIONS

General Cleaner

Multi Purpose Cleaner yang efektif  dalam mengatasi noda berat pada lantai ataupun permukaan lainnya.

Read More

Forcemaxx

Efektif dalam mengatasi area dengan minyak berlebih, grease dan permukaan lainnya yang memiliki noda berat.

Read More

Q-SAN Multi Surface Sanitation

Cairan sanitasi dan juga disinfektan yang Efektif membunuh bakteri dan mikroorganisme.

Read More

Kitchen Utensils

PROBLEM

Peralatan masak yang kotor akan menghasilkan makanan yang tidak higienis akibat sisa makanan yang masih menempel dan menjadi kerak (Grease). Semakin lama noda menempel akan semakin sulit untuk dihilangkan. Sanitasi tidak akan efektif jika perlatan masih kotor, sehingga diperlukan pembersihan terlebih dahulu sebelum melakukan sanitasi.

SOLUTIONS

Greezaway 

 Efektif menghilangkan noda bekas membakar dan sisa panggangan.

Read More

Stain Away

Efektif menghilangkan noda bekas kopi, teh dan bumbu dapur.

Read More

Q-san Multi Surface Sanitation

Cairan sanitasi dan juga disinfektan yang Efektif membunuh bakteri dan mikroorganisme.

Read More
Yogurt

Kitchen Equipment

Perlengkapan masak yang kotor akan mencemari makanan yang ada didalamnya sehingga tidak higienis karena sisa makanan yang masih menempel dan kotoran akibat penggunaan terus menerus. Semakin lama noda menempel akan semakin sulit untuk dihilangkan. Sanitasi tidak akan efektif jika perlatan masih kotor, sehingga diperlukan pembersihan terlebih dahulu sebelum melakukan sanitasi.

SOLUTIONS

Scale Off

Efektif menghilangkan bercak air dan kalsium deposit.



Read More

Forcemaxx

Efektif dalam mengatasi area dengan minyak berlebih, grease dan permukaan lainnya yang memiliki noda berat.

Read More

Q-San Multi Surface Sanitation

Cairan sanitasi dan juga disinfektan yang efektif membunuh bakteri dan mikroorganisme.

Read More

Sanitasi Pada Suhu < 0 Derajat Celcius

PROBLEM


Faktanya bakteri tidak mati ataupun hilang pada suhu 0 derajat atau dibawah 0 derajat. Pada suhu dingin 0 derajat atau dibawah 0 derajat, bakteri tetap ada dengan kondisi tidak aktif atau tidur. Cleaning challenge pada tempat penyimpanan makanan ini adalah terjadinya cross contamination . Untuk itu melakukan cleaning & sanitation pada referigrator sangat penting dilakukan.

SOLUTIONS

COOL CLEAN

COOL CLEAN


Dengan kandungan alkohol  dan Benzalkonium Chloride di dalamnya, Cool Clean di desain untuk penggunaan di area penyimpanan dingin dan diformulasikan khususnya di industri makanan dan minuman. Cool Clean efektif membersihkan dan juga sanitasi di suhu ruangan < 0 derajat celcius.

Detail Product


Dining & Bar Area

PROBLEM

Ruangan yang tertutup lama dan tidak dilakukan pembersihan akan menimbulkan penumpukan kotoran/ bakteri akibat peningkatan kelembaban udara. Sanitasi tidak akan efektif jika permukaan masih kotor, sehingga perlu dibersihkan terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan sanitasi.

SOLUTIONS

General Cleaner

Multi Purpose Cleaner yang efektif dalam mengatasi noda berat pada lantai ataupun permukaan lainnya.

Read More

Wipe & Go

Memudahkan dalam membersihkan permukaan kotor dengan satu tahap saja.

Read More

Q-San Multi Surface Sanitation

Cairan sanitasi dan juga disinfektan yang efektif membunuh bakteri dan mikroorganisme.

Read More

Multi Surface Cleaner & Disinfectant


Berbahan dasar alkohol, cepat menguap sehingga mudah digunakan dalam proses cleaning. Kegunaan Wipe&Go adalah untuk membersihkan berbagai permukaan keras (hard surface ). Wipe & Go juga mengandung Benzalkonium Chloride sebagai bahan aktif sanitasi. Wipe&Go digunakan untuk pemakaian harian. Proses aplikasinya cepat, tanpa perlu pembilasan sehingga mampu menghemat waktu, tenaga dan air. Di kemas dalam bentuk sachet ukuran 15ml oleh karena itu juga dapat menghemat tempat penyimpanan.


 Aplikasi Sebagai Sanitasi

  1. Campurkan 1 sachet Wipe&Go kedalam botol sprayer berukuran 500ml
  2. Kocok dahulu agar supaya larutan tercampur dengan baik
  3. Semprotkan pada kain lap berbahan microfibre. Kemudian lap seluruh permukaan atau benda yang akan disanitasi menggunakan kain lap microfibre tersebut secara merata.
WIPE & GO

Jika anda memiliki cleaning challenge lainnya, silahkan isi cleaning challenge survey di bawah ini.

https://forms.gle/98ErssD5WFnnUhzh7

Informasi Lainnya


Temukan berbagai informasi cleaning lainnya, e-brosur, sertifikat produk, MSDS, serta video tutorial pemakaian produk pada situs kami. Klik "MORE INFO" dibawah ini.

More Info
Hotline
Email
www.iclean.co.id